Bahasa Pemrogaman Web

Bahasa pemrogaman yang kita pelajari terlebih dahulu dalam membuat website.


Belajar Bahasa pemrogaman web

Artikel kali ini akan membahas tentang bahasa pemrogaman yang dipelajari terlebih dahulu dalam membuat website. Kunjungi artikel sebelumnya.


Terdapat banyak ragam dan jenis bahasa pemrogaman yang sudah digunakan sampai saat ini. Mulai bahasa untuk membuat sistem operasi, membuat aplikasi, dan untuk membuat aplikasi berbasis mobile yang sedang nge-trend.

Untuk membuat sebuah website dasar kita tidak perlu mengerti bahasa pemrogaman atau bahasa mesin sama halnya membuat sebuah sistem operasi dan aplikasi berbasis desktop.

Bahasa yang digunakan dalam membuat website sering disebut Bahasa web based. Artinya, kita hanya menjalankan kode yang dibuat menggunakan text-editor dan ditampilkan melalui browser serta dibutuhkan koneksi internet.


Secara umum bahasa yang digunakan dalam membuat website adalah HTML, CSS, Javascript, PHP, dan MySQL.

Lalu bahasa apa yang saya pelajari terlebih dahulu?

Sesuai dengan urutannya hal pertama yang kita pelajari terlebih dahulu adalah Bahasa HTML (Hypertext Markup Languange) merupakan bahasa dasar dalam membuat website. Fungsi utama dari HTML adalah untuk membangun pondasi website anda.

Bahasa kedua yang dipelajari adalah CSS (Cascade Style Sheet) merupakan bahasa yang digunakan untuk mendesain pondasi website yang dibuat menggunakan bahasa HTML. CSS berperan dalam mendesain tampilan website yang dibuat sehingga tampilan website tidak menjadi monoton.

Selanjutnya setelah paham HTML dan CSS, bahasa yang dipelajari terlebih dahulu bisa Javascript ataupun PHP. Maksudnya disini tergantung fungsi dan tujuan website yang dibuat.

Javascript adalah bahasa yang digunakan untuk menghubungkan elemen yang satu dengan yang lain. Sedangkan PHP merupakan bahasa yang berfokus pada penggunaan database.

Apabila website yang dibuat hanya berupa tampilan maka bahasa yang digunakan cukup HTML dan CSS. Dan apabila website yang dibuat berfokus untuk database maka wajib paham PHP dan MySQL. Sedangkan apabila website yang dibuat untuk interface, hubungan antar elemen website maka harus menggunakan Javascript.

Nah, cukup sekian tentang Bahasa yang dipelajari terlebih dahulu dalam membuat website. Untuk selanjutnya silahan kunjungi halaman

Pengertian HTML

Terimakasih atas kunjungannya. Apabila artikel ini bermanfaat jangan lupa share ya kawan :)

SHARE

Azis Saputra

Saya pribadi mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan dan partisipasi teman-teman, kritik dan saran selalu diterima, dan apabila apa yang teman-teman peroleh dari blog ini bermanfaat. Penulis mempersilahkan share sebanyak-banyaknya agar orang lain juga memperoleh manfaatnya juga.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang keras menyebar spam, di alamat blog ini.Terimakasih atas kerjasamanya.