Membuat Website Gratis

3 Cara Mebuat Website Gratis Secara Online

Bagaimana membuat website gratis

Website merupakan kumpulan dari halaman-halaman situs yang memiliki domain dan subdomain, dan untuk mengaksesnya dibutuhkan sebuah koneksi internet. Secara umum website dibagi menjadi 2 jenis, yaitu website statis dan website dinamis.

Website statis dimaksudkan dibuat tidak untuk diperbahurui secara berkala isi konten-nya. Sehingga pengaturan isi tersebut harus dilakukan secara manual.

Sedangkan Website dinamis kebalikannya dari Website statis, Website dinamis dibuat agar isi dalam situs tersebut dapat diperbaharui secara berkala dengan mudah. Maksudnya disini, isi dari konten website tersebut akan selalu berubah. Contoh website dinamis adalah situs berita.

Kegunaan Website untuk saat ini sudah sangat beragam, ada website yang dibuat dengan maksud memasarkan sebuah produk, sebagai perkumpulan dari sebuah komunitas, website yang dibuat untuk membagi ilmu pengetahuan atau berfokus kepada tutorial, dan bahkan untuk saat ini ada website yang digunakan sebagai sumber penghasilan. Memang bisa?? Tentu bisa...

Nah, berikut akan dijelaskan 3 cara dalam mebuat website secara gratis :
  1. Membuat website dengan aplikasi desain Web.

Cara pertama adalah membuat web dengan aplikasi yang dibuat khusus untuk merancang sebuah web. Maksudnya dalam pembuatan website kita tidak perlu menginput beberapa kode bahasa website, tetapi cukup dengan main klik saja.

Keuntungan membuat web seperti ini tentunya gratis, dan tidak perlu membeli domain terlebih dahulu. Cukup klik dan dipublis maka halaman website yang dibuat sudah jadi.

Tetapi kekurangannya kita tidak bisa mengatur sendiri tampilan web yang dibuat. Jadi mau tidak mau ya tampilan website kita ala kadarnya, soalnya gratis sii.. :)

Ada banyak sekali aplikasi yang sudah beredar tetapi disini hanya akan dicontohkan aplikasi yang banyak digunakan, Dan berikut adalah beberapa website yang menyedikan pembuatan web secara gratis.
Wordpress.Org, Medium, simplesite, Yola, Joomla.
  1. Membuat web berbentuk blog

Blog merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang pada dasarnya memuat tulisan-tulisan dan gambar. Kok sama dengan web ya? Tentu beda,

"Tujuan sebuah blog dibuat untuk membagikan berbagai informasi dan tutorial. Atau istilahnya portofolio pribadi."

"Sedangkan web ditujukan lebih kepada komersil, untuk ajang bisnis dan kebanyakan kontennya berisi produk atau jasa."

Sampai saat ini sudah ada banyak website yang menyediakan fasilitas pembuatan blog secara online, dan gratis.. :) Tetapi domain yang akan kita pakai dibelakangnya ada embel-embel alamat website tersebut. Sebagai contoh blog patukom ini, dibelakangnya ada domain .blogspot.com, tentunya itu menandakan bahwa blog yang dibuat dengan embel-embel seperti itu adalah gratis..hhe.

Dan berikut adalah website yang memberikan layanan pembuatan blog secara gratis.
Blogger, Wordpress.com, Wix
  1. Membuat website dengan Bahasa Pemrogaman Web

Pemrogaman Web adalah suatu cara pembuatan aplikasi komputer yang terdiri dari kumpulan halaman yang terkoneksi ke internet. Tentunya, dengan melihat definisinya sudah dapat disimpulkan bahwa kita harus mengerti kode bahasa untuk membuat web.

Keuntungan membuat web dengan menggunakan bahasa pemrogaman adalah kita bisa mengatur sesuka hati tampilan website kita. Tentang peletakan elemen-elemen yang membangun website kita, atau design tema sesuai dengan kehendak.

Sebetulnya ada bahasa pemrogaman web yang banyak digunakan sampai saat ini, tetapi disini hanya akan dijelaskan 5 bahasa utama untuk membangun sebuah website. Yaitu HTML, CSS, Javascript, dan PHP. Terus yang dipelajari terlebih dahulu apa? Untuk itu silahkan sobat kunjungi link berikut.

Bahasa yang dipelajari terlebih dahulu dalam pemrogaman web.

Konsep utama membuat website dengan menggunakan bahasa pemrogaman cuma tiga langka yaitu, kita inputkan kode bahasa di text-editor, kemudian kita daftarkan domainnya dan ditampilkan di web browser.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang text editor dan web browser silahkan kujungi halaman berikut

Pengertian lebih lanjut tentang Web Browser dan Text Editor.

Nah, itulah beberapa contoh dalam pembuatan website. Terimakasih atas kunjungan teman-teman semua, Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetuahuan.

Dan kata terakhir dari artikel ini, apabila bermanfaat jangan lupa share ya :)


SHARE

Azis Saputra

Saya pribadi mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan dan partisipasi teman-teman, kritik dan saran selalu diterima, dan apabila apa yang teman-teman peroleh dari blog ini bermanfaat. Penulis mempersilahkan share sebanyak-banyaknya agar orang lain juga memperoleh manfaatnya juga.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang keras menyebar spam, di alamat blog ini.Terimakasih atas kerjasamanya.