Belajar HTML 1: Apa itu HTML ?

Pengertian HTML

HTML adalah singkatan dari kalimat "Hypertext Markup Languange". Hypertext memiliki arti bukan tulisan biasa, Markup memiliki arti penanda, sedangkan Languange adalah kode-kode dimana HTML merupakan kode web.

Jika dijabarkan HTML memiliki arti bahasa yang memiliki penanda yang berfungsi untuk membuat web. Selain itu HTML juga disebut sebagai sebuah bahasa dasar pembuatan web.

Apa itu HTML-gambar HTMLFungsi utama HTML adalah untuk menjelaskan bagian web yang dibuat. Bagian Head, Body, dan Footer dari sebuah web akan diisikan content apa saja, itu dijelaskan di HTML. Selain itu, HTML juga merupakan sebuah pondasi dari web yang dibuat.

Tetapi untuk membuat website yang komplek dan powerfull tidak cukup hanya menggunakan html. Karena kembali ke fungsi utama html tadi hanyalah sebagai pondasi saja. Untuk masalah style atau tampilan dan interaksi serta database sudah diserahkan ke bahasa yang lain. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini:




Apa itu HTML? - Efek CSS
Efek CSS
Apa itu HTML? - Hanya HTML
Hanya HTML


Gambar yang sebelah kiri adalah contoh halaman web menggunakan HTML + CSS + Javascript. Sehingga style dan interaksinya akan terlihat lebih powerfull.

Sedangkan yang sebelah kanan hanya tampilan HTML saja. Hanya terlihat tulisan-tulisan saja, dan terlihat monoton. Karena seperti yang sudah dijelaskan diawal HTML hanyalah sebuah pondasi dasar dari sebuah website.

Nah apakah sudah mengetahui apa itu HTML? pastinya sudah mengetahui donk. Karena pemahaman HTML ini masih sangat dasar jadi jangan pusing-pusing dulu ya, tetap semangat. :)

Struktur Dasar HTML

HTML adalah sebuah kode bahasa markup untuk membuat sebuah pondasi website. Tentu dalam perancangan kode HTML ada struktur dasarnya. Struktur itulah yang menjadi penanda mana bagian head mana bagian body dari sebuah website.

Selain itu, dengan memahami struktur dasar dari pembuatan HTML, maka akan lebih mudah memahami tata letak kode-kode untuk membuat website. Untuk lebih jelasnya silahkan buka text editor kalian dan siapkan web browser serta simaklah kode dibawah ini :


<DOCTYPE html>
   <html>
      <head>
          <meta charset="UTF-8">
          <title>Contoh Halaman HTML</title>
      </head>
      <body>
          <p>Ini adalah halaman HTML pertama saya</p>
      </body>
      </html>

Diatas adalah contoh kode HTML yang sangat sederhana yang saya buat. Jika ditampilkan di web browser maka tampilannya akan menjadi seperti ini:

Apa itu HTML? -Halaman pertama HTML

Kenapa yang terlihat hanya sebuah tulisan "Ini adalah halaman HTML pertama saya" ? Karena yang akan diproses dari kode HTML hanyalah isi dari kode <body> saja. Sedangkan untuk kode diatasnya <body> ditulis untuk interaksi halaman web.

DTD (Document Type Declaration)

Kode diatas menjelaskan bahwa, kode awal dari HTML adalah <DOCTYPE html>. Kode ini adalah kode pembuka sekaligus penanda bahwa kode yang dibuat adalah halaman HTML. Kode ini wajib ditulis dalam setiap halaman HTML. Cara penulisan <DOCTYPE html> bisa menggunakan huruf besar ataupun huruf kecil.

<html>

Kode diatas disebut sebagai tag <html>. Kode ini harus ditulis setelah kode DTD. Dan untuk tag penutupnya ditulis di baris paling akhir di kode HTML yaitu dengan ditambahkan tanda "/"; </html>.

Untuk tag <head> akan dibahas lebih lanjut di materi selanjutnya. Tentunya dalam mempelajari HTML pasti akan sering menggunakan istilah tag, atribut, dan Element. Karena HTML akan bekerja dengan ketiga nama tersebut.

note:
Penjelasan tentang tag, atribut, dan element akan dijelaskan lebih rinci lagi di materi selanjutnya.

<body>

Setelah tag <html>, kode selanjutnya yang diisi adalah tag <body>. Tag ini adalah tag yang wajib diisi dan sebagian besar kode HTML akan ditulis di tag <body>. Tag ini memiliki tag penutup </body> yang letaknya di akhir baris HTML sebelum tag penutup </html>.

Nah itulah struktur dasar halaman HTML, tag yang wajib dibuat adalah tag <DOCTYPE html>, <html> beserta tag penutupnya </html> dan tag <body> beserta tag penutupnya </body>.

Memulai HTML Pertama Anda

Nah, setelah mengerti apa itu HTML, dan sudah mengerti struktur dasar dari HTML. Sekarang coba anda berlatih memluai HTML pertama anda. Caranya buka text-editor kalian, dan ketik kode struktur dasar HTML. Setelah itu ketiklah sebuah kalimat diantara tag <body> dan </body>. Setelah itu simpan kode HTML kalian.  Setelah disimpan lalu tampilkan, dengan cara double click file kalian itu.

HTML memiliki extension .html, jadi cara menyimpannya harus extension .html. Contoh, Saya punya baris kode HTML yang diberi nama latihan1. Maka cara menyimpannya adalah save as di bagian nama "latihan1.html".

Oke, kiranya cukup dulu materi tentang apa itu HTML, sedikit lebih pasti sudah mengerti konsep dasar HTML itu pastinya. Untuk materi selanjutnya silahkan kunjungi link yang ada di bawah, tentang tag, atribut, dan element.

SHARE

Azis Saputra

Saya pribadi mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan dan partisipasi teman-teman, kritik dan saran selalu diterima, dan apabila apa yang teman-teman peroleh dari blog ini bermanfaat. Penulis mempersilahkan share sebanyak-banyaknya agar orang lain juga memperoleh manfaatnya juga.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Terimakasih telah memberi saya penjelasan yang tepat saya harap jangan lupa untuk update tentang html
    saya rinto zumaris akbar
    jangan lupa kunjungi web kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus

Dilarang keras menyebar spam, di alamat blog ini.Terimakasih atas kerjasamanya.