Belajar HTML : Struktur Dasar HTML

Struktur Dasar HTML.

Kali ini materi yang dibahas adalah tentang Struktur Dasar Penulisan HTML. Maksudnya di dalam suatu HTML harus ada kode apa saja. Sebelum mempelajari lebih lanjut alangkah baiknya mengerti tentang Tag, Atribut, dan Element.

4 kode utama HTML yang terdapat di dalam struktur HTML

Dalam penulisan kode HTML ada 4 komponen tag yang harus diinput yaitu :
<!DOCTYPE> , <html>, <head>, & <body>
dan untuk tag <html>, <head>, & <body>
harus menggunakan tag penutup yaitu </html>, </head>, & </body>
Dan berikut adalah contoh lengkap suatu dokumen html,
<!DOCTYPE HTML>
<html>
  <head>
  </head>  
<body>
</body>
</html>
Berikut penjelasannya.

Tag <!DOCTYPE HTML>

Kepanjangan dari DOCTYPE adalah Document Type Declararion. Atau sering disebut sebagai Tag DTD. Fungsi utama dari tag ini yaitu memberikan informasi kepada web browser tentang aturan penulisan dari suatu dokumen.

Apabila tag ini tidak diketik dalam kode web design, maka website sobat akan berada pada status Quirks mode. Apa itu Quirks mode?

"Quirks mode adalah sebuah tampilan website yang digunakan oleh web browser yang menunjukkan website tersebut tidak standart. Sehingga website yang dibuat akan dianggap sebagai website tua."

Jadi untuk membedakan sebuah halaman web standart atau tidak web browser  akan melihat apakah di dalam dokumen html terdapat DTD atau tidak.

Tata cara penulisan DTD harus berada di baris paling awal dalam suatu dokumen HTML. dan penulisannya bisa menggunakan huruf kecil ataupun huruf besar. Contoh :<!DOCTYPE HTML> atau <!doctype html>


Tag <html>

Fungsi dari tag <html> adalah untuk membungkus seluruh kode-kode dalam html.  Tag ini ditulis setelah tag <!doctype html>  dan diakhiri oleh tag penutup </html> di baris paling akhir suatu html. (bisa lihat contoh).

Biasanya, tag <html> dapat diberi atribut "lang" yang berfungsi mendiskripsikan bahasa didalam website yang dibuat. Sebagai contoh :

<html lang="id"> --> Jika diartikan membuat website bahasa Indonesia
atau <html lang="en"> --> membuat website berbahasa inggris

Tag <head>

Tag <head>digunakan sebagai penampung berbagai tag yang tidak akan terlihat di isi content suatu website. Kecuali untuk tag <title>yang digunakan sebagai judul dalam suatu halaman website. Berikut adalah beberapa tag yang ditempatkan di tag <head>.

Nama Tag Fungsi
<title>Untuk memberikan judul pada halaman web
<link>Untuk menghubungkan dengan Element HTML yang lain
<meta> Memberikan informasi tentang halaman yang ditampilkan
<script> Untuk menginput kode Javascript
<style> Untuk menginput kode CSS

Untuk lebih jelasnya tentang tag <head> silahkan kunjungi link berikut. Penjelasan Tag <head>.


Tag <body>

Tag <body> berfungsi sebagai tag penampung dari seluruh kode html yang tampil di web browser. Atau disebut sebagai container. Di tag inilah kita akan lebih banyak menggunakan tag-tag di HTML untuk membuat isi kontent dari halaman website.

Nah itulah Tutorial tentang struktur HTML, apabila bermanfaat jangan lupa share ya guys :)

Untuk lanjut ke tutorial selanjutnya silahkan kunjungi link berikut 
Penjelasan Tag <head>.
SHARE

Azis Saputra

Saya pribadi mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan dan partisipasi teman-teman, kritik dan saran selalu diterima, dan apabila apa yang teman-teman peroleh dari blog ini bermanfaat. Penulis mempersilahkan share sebanyak-banyaknya agar orang lain juga memperoleh manfaatnya juga.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang keras menyebar spam, di alamat blog ini.Terimakasih atas kerjasamanya.